Menghadiri Universities’ Power Engineering Conference 2013, Dublin

Minggu lalu saya berkesempatan untuk menyampaikan sebuah makalah di 48th Universities’ Power Engineering Conference di Dublin, Ireland. Jarak kota Belfast, Northern Ireland ke Kota Dublin, Ireland hanyalah 2 jam lebih perjalan darat menggunakan bus umum. Tiket bus sangat mudah diperoleh secara online. Bus station dari rumah pun sangat dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Return tiket Belfast-Dublin beharga £ 16.

Walau dokumen perjalan sudah saya urus seminggu sebelumnya, ternyata pada saat hari H saya lupa membawa paspor dan visa Ireland saya. Namun ini tidak menjadi soal karena saya melakukan perjalanan darat menggunakan bus dan tidak saya temukan security check di perbatasan Northern Ireland dan Ireland.

Selaku ibu kota Ireland, kota Dublin cukup besar. Beberapa sudut sudut penting kota bisa diakses dengan berjalan kaki maupun dengan menggunakan bisa umum yang lalu lalang setiap menitnya. Saya menginap di Trinity College Dublin, sebuah institusi pendidikan yang sudah berumur cuku lama yang didirikan pada tahun 1592. Walau akomodasi yang saya tempati cukup berusia tua namun perabotan di dalamnya cukup nyaman dan modern.

Konferensi dari tanggal 2-5 September 2013 ini diadakan di Dublin Institute Technology yang berjarak kurang lebih 10 menit berjalan kaki dari TCD. Saya merasa beruntung karena bisa berkunjung ke Negara dan kota lain dan bertemu dengan kolega sebidang. Banyak peserta yang datang dari penjuru negeri di eropa, beberapa Negara di Asia dan America serta Africa. Setidaknya ada 250 makalah yang dipresentasikan pada konferensi kali ini.


Social Visit disela acara UPEC 2013 di Glendalough, County Wicklow, Ireland