Project untuk Undergraduate student Level I

Pada hari Kamis tanggal 13 Desember 2012, saya mengikuti pelatihan sebagai demonstrator project transformator untuk level I undergarduate student di SoEEECS Queen’s Univeristy Belfast. Peserta pelatihan adalah semua PhD student dan narasumber adalah research fellow, post doctoral student serta teknisi.

Pelatihan singkat dimulai dengan perancangan dasar pembuatan trasformator daya. Semua perhitungan matematis terkait perancangan menggunakan spread sheet (excell). Hasil perancangan ini nantinya akan dilanjutkan dengan pembuatan transformatornya. Pekerjaan yang agak rumit nanti adalah pekerjaan melilit. Namun hal ini ternyata tak menjadi kendala karena dilakukan dengan automatic winding machine.

Langkah tiap langkah proses pelaksaan project ini dijelaskan dengan sederhana dan dapat diserap dengan mudah. Khususnya bagi PhD student yang pernah jadi dosen. Tugas selanjutnya adalah mengawal/membimbing mahasiswa undergraduate level I pada semester depan (Februari-Maret 2013). Kurang lebih akan ada 60 mahasiswa yang akan melaksanakan project ini. Tiap kelompok akan terdiri dari 2 orang sehingga akan ada 30 kelompok dengan project yang sama, yaitu project transformator. Semua bahan yang terkait dengan project sudah disediakan dalam box yang tersusun rapi. Student tidak perlu lagi memikirkan untuk membeli komponen yang diperlukan. Agar perancangan antara kelompok yang satu dengan lainya berbeda, maka variabel perancangan diubah ubah baik dari segi teknis maupun biaya.

Saat pelatihan singkat diwanti wanti agar pelaksanaan pembuatan project nantinya sebaik mungkin terutama menyangkut keamanaan mahasiswa karena akan menggunakan peralatan tertentu. Dari sekian banyak alat yang dipandang membahayakan adalah cutter (pemotong) yang digunakan untuk meraut isolasi kawat lilitan. “Kenapa tak memakai api saja?” tanya saya. Lalu teknisi mengatakan bahwa ia tak mau fire alarm berbunyi maka diputuskan untuk menggunakan cutter serta mewanti wanti agar mahasiswa tidak akan melukai tanganya saat meraut.

Pengujian yang dilakukan juga sederhana. Trafo yang sudah jadi nantinya akan diuji performansi saat berbeban, saat hubung singkat maupun saaat tanpa beban. Dan dihimbau juga agar tidak melakukan pengujian yang belum diberikan teori sebelumnya. Intinya mahasiswa dibuat menikmati project yang akan mereka lakukan.